Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri

InfoTeknojek.com – Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri. Bagi anda para pengendara motor penting sekali untuk mengetahui hal ini. Siapa sih yang mau di tilang karena melanggar peraturan lalu lintas? tentunya kita berusaha sebaik-baiknya untuk mentaati semua peraturan lalu lintas, Tetapi mungkin suatu hari kita lalai tidak melihat rambu-rambu lalu lintas yang mengakibatkan kena tilang, maka ketahuilah mengenai tarif dendanya.

Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri – Prosedur

Dalam prosedur penilangan Polisi akan menyapa anda dengan sopan dan memperlihatkan identitasnya. Polisi akan menerangkan dengan lengkap dan jelas mengenai kesalahan yang kita kita langgar. Tentu hal ini disertai dengan pasal berapa dan jumlah denda yang harus kita bayar.

Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri

Setelah diterangkan mengenai pelanggaran, maka kita dapat memilih slip biru atau slip merah. Slip biru artinya Anda mengakui pelanggaran lalu lintas yang terjadi dan membayar sejumlah denda melalui Bank BRI, setelah itu anda dapat mengambil SIM yang ditahan di Polsek saat kejadian.

Slip merah artinya Anda menolak kesalahan yang terjadi dan meminta sidang di pengadilan. Dalam persidangan akan diputuskan apakah anda melanggar peraturan lalu lintas atau tidak. Dalam persidangan ini polisi dan anda dapat mengemukakan argumen masing-masing, tetapi pengadilan yang memutuskan perkara ini. Persidangan ini waktunya akan ditentukan umumnya 5 sampai 10 hari kerja sejak terjadinya pelanggaran.

Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri – Penyuapan

Ada satu hal penting yang anda harus ketahui yaitu jangan pernah menyuap polisi, jika anda melakukan penyuapan maka anda akan didenda lebih berat karena hal ini melanggar hukum. Ingat jika anda melakukan kesalahan, akuilah dan minta slip biru, lalu bayar dendanya, SIM dapat diambil kembali, sangat mudah. Buang anggapan bahwa mengurus tilang itu sulit, ternyata sangat mudah.

Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri – Biaya Tilang

Berdasarkan Undang-Undang yang telah ditetapkan pada Nomor 22 Tahun 2009 mengenai aturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri mengenai kendaraan bermotor:

  1. Jika tidak memiliki SIM maka akan dipidana kurungan paling lama 4 bulan atau membayar denda paling banyak Rp 1 juta, hal ini terdapat di Pasal 281.
  2. Jika sudah punya SIM tetapi lupa membawanya saat razia, maka akan dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau membayar denda paling banyak Rp.250 ribu, tercantum di Pasal 288 ayat 2.
  3. Jika tidak memasang Plat Nomor Kendaraan maka akan dipidana paling lama 2 bulan atau membayar denda paling banyak Rp.500 ribu, tercantum diĀ  Pasal 280.
  4. Jika tidak ada Lampu rem, lampu utama, spion, pengukur kecepatan, klakson dan knalpot akan dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau membayar denda paling banyak Rp.250 ribu, tercantum di Pasal 285 ayat 1.
  5. Bagi yang tidak memakai helm standar nasional (SNI), maka akan dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau membayar denda paling banyak Rp.250 ribu, tercantum pada Pasal 291 ayat 1.
  6. Jika pengendara tidak menyalakan lampu utama pada siang hari maka akan dipidana kurungan paling lama 15 hari atau membayar denda paling banyak Rp.100 ribu, tercantum pada Pasal 293 ayat 2).
  7. Jika belok atau balik arah tanpa memberikan isyarat lampu akan dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau membayar denda paling banyak Rp.250 ribu, tercantum pada Pasal 294.

Demikianlah Info Peraturan Tilang Resmi Dari Polri, Ingat patuhilah peraturan lalu lintas, karena akan membuat anda dan orang lain selamat didalam perjalanan. Semoga Bermanfaat

4 Comments

  1. susilo 29/04/2016 Reply
    • Admin 30/04/2016 Reply
  2. Nay Anselmus 05/05/2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *